12 Hal Pembunuh Hasrat Seks

Bookmark and Share
[hasrat_seks.jpg]
BELAKANGAN ini, apakah Anda ataupun pasangan sedang merasa tak berminat untuk berhubungan intim? Berbagai faktor psikis dan fisik bisa berdampak pada libido.

Simak berbagai "pembunuh" hasrat seks berikut ini

1. Stres
Stres akibat pekerjaan, masalah keuangan, menjaga anggota keluarga yang sedang sakit, dan pemicu stres lainnya bisa menurunkan libido. Untuk memastikan stres tak mengganggu kehidupan Anda, pahami bagaimana cara mengelola stres atau meminta saran dari dokter.

2. Masalah dalam hubungan
Masalah dalam hubungan yang tak terselesaikan adalah salah satu pembunuh gairah seks. Bagi sebagian wanita, keterbukaan emosional adalah syarat penting dalam hasrat seks. Kurang komunikasi, pengkhianatan atas kepercayaan yang telah diberinya, adu argumen tak berujung, dan berbagai penghalang intimasi bisa menurunkan libido.

3. Alkohol
Penting diingat, satu atau dua gelas minuman alkohol tidak akan bisa menggugah mood bercinta. Alkohol bisa mematikan rasa hasrat seks Anda. Selain itu, dalam keadaan mabuk, Anda justru menurunkan keinginan bercinta pasangan. alkohol tidak sebaiknya digunakan untuk mendongkrak libido, tapi hanya untuk senang-senang.

4. Tidur terlalu sedikit
Kalau gairah bercinta turun-naik, mungkin karena Anda kurang tidur. Atau mungkin karena Anda punya gangguan insomnia atau sleep apnea. Apapun, semua itu bisa mengganggu tidur Anda, juga gairah bercinta. Logikanya, terlalu sedikit tidur, bisa menyebabkan kelelahan. Dan kelelahan menganggu gairah bercinta.

5. Tugas orangtua
Menjadi orangtua baru tak akan membunuh hasrat seks. Tapi, akan ditemukan kendala waktu untuk bisa saling intim. Solusinya, Anda bisa memperkerjakan baby sitter untuk mengasuh si kecil. Cobalah menyusun jadwal bercinta di sela waktu tidur bayi Anda.

6. Pengobatan
Obat-obatan yang bisa menurunkan libido, antara lain antidepressants, tekanan darah tinggi, antihistamine, kontrasepsi oral, kemoterapi, anti-HIV, finasteride, dan synthetic progesterone-medroxyprogesteron.

Untuk mengatasinya, ubahlah jenis pengobatan atau dosis obat yang Anda konsumsi. Kalau di awal konsumsi obat-obatan tersebut segera memengaruhi libido Anda, konsultasikan ke dokter.

7. Imej tubuh
Tak mudah merasa tubuh seksi jika imej diri Anda rendah. Anda tak bangga dengan proporsi tubuh. Kalau pasangan merasakan apa yang Anda rasakan, maka Anda pun belum bisa menemukan keseksian tubuhnya. Tak ayal, gairah seks Anda pun menurun.

8. Kegemukan
Kegemukan dan obesitas membuat kenikmatan dan gairah bercinta berkurang. Anda pun mengalami kesulitan memberi performa maksimal untuk pasangan. alasannya tidaklah jelas, tapi bisa jadi karena terkait imej tubuh, ketidakpuasan hubungan, stigma sosial, dan berbagai masalah psikis lainnya.

9. Disfungsi ereksi
Disfungsi ereksi (DE) adalah jenis gangguan seksual yang berbeda dari hilangnya libido. Tapi, pria penderita ED khawatir bagaimana mereka akan mudah unjuk performa di ranjang. Dan kekhawatiran tersebut bisa menganggu hasrat bercinta.

10. Testosteron rendah
Testosteron meningkatkan hasrat seks. Seiring bertambahnya usia, tingkat testosterone sebagian besar pria menurun secara signifikan. Testosterone juga berkaitan dengan hasrat seks wanita. tapi, keseimbangan hormonal wanita lebih kompleks daripada pria. Masih belum jelas apakah terapi testosterone aman dan efektif untuk wanita, seperti pada pria.

11. Menopause
Sebagian besar wanita dilaporkan menurun hasrat seksnya menjelang menopause. Gejala menopause, seperti kekeringan lubrikasi Miss V dan nyeri selama bersanggama membuat cinta kurang nyaman. Tapi, perubahan hormonal pada menopause hanyalah bagian kecilnya. Pertambahan usia wanita sebaiknya tidak hanya terfokus pada hasrat seks, tapi juga kualitas hubungan bersama pasangan, imej tubuh, kesehatan jiwa, dan sebagainya.

12. Terlalu sedikit intimasi
Intimasi bukan hanya kata kunci dari seks. Cobalah menyisihkan waktu untuk keintiman nonseksual bersama pasangan, misal untuk ngobrol, memijat, dan sebagainya. Cobalah mengekspresikan bentuk perhatian tanpa melulu mensasarkannya ke ranjang. Intimasi terbangun, begitupun gairah bercinta.

sumber: http://jekethek.blogspot.com/2009/12/12-hal-pembunuh-hasrat-seks.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar