Asal Usul Abjad

Bookmark and Share
http://ntvirus.files.wordpress.com/2009/01/359770_capitallettersalphabets.jpg

Abjad adalah sekumpulan huruf yang dipakai untuk menuliskan suatu bahasa. Huruf-huruf itu disusun dalam urutan tertentu. Setiap huruf melambangkan sebuah bunyi.
Beribu-ribu tahun yang lalu tidak ada huruf. Untuk menyatakan pikiran dan gagasannya, manusia membuat gambar. Mulanya gambar-gambar itu sederhana dan dapat dipahami oleh hamper semua orang. Kata mata dilukiskan dengan gambar mata.

Kemudian, gambar menjadi lambing suatu gagasan. Gambar mata mungkin berarti “melihat”. Orang-orang cina, mesir, dan babilonia membuat tulisan gambar yang sangat rumit. Tidaklah mudah menulis dengan gambar, untuk dapat mengungkapkan pikiran yang lengkap, penulis harus mengingat-ingat sekitar 600 lambang.

Abjad pertama diciptakan oleh bangsa FUNISIA. Untuk tiap bunyi dalam bahasanya, mereka memakai sebuah lambing. Lambing ini kemudian dipakai oleh orang yunani, yang menamakan huruf pertama dan kedua alpha dan beta. Kata “alphabet” yang berarti abjad berasal dari kedua kata tersebut.

Orang romawi memakai abjad yunani dan mengadakan perubahan-perubahan serta menambah beberapa huruf. Abjad ini kemudian menjadi apa yang kita pakai sekarang.

Sumber: http://haxims.blogspot.com/2009/11/asal-usul-abjad.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar