Tempat-Tempat Spektakuler di Bumi

Bookmark and Share
Di Bumi, begitu banyak keindahan yang bisa ditemukan. Namun di antara semua keindahan itu, tentu saja selalu ada yang “lebih” dari yang lainnya. Berikut akan ditampilkan 10 tempat terindah di muka Bumi versi Discovery Channel. Tempat-tempat ini diambil dari 878 tempat yang masuk ke dalam anggota World Heritage Sites oleh UNESCO.

1. Giant’s Causeway – Irlandia Utara



Lebih dari 40.000 batuan basal keluar dari permukaan laut, merupakan hasil dari aktivitas vulkanik sekitar 50-60 juta tahun lalu. Karena bentuknya yang cukup unik, banyak legenda yang dikaitkan dengan tempat ini, seperti misalnya tempat para raksasa berpijak dari laut ke Skotlandia.

2. Wadi Al-Hitan – Mesir



Diyakini sebagai salah satu bukti teori evolusi. Terdapat pecahan-pecahan tulang dan tengkorak yang memberikan bukti bahwa ada perubahan dari paus yang hidup di daratan menjadi hidup di lautan.

3. Danau Baikal – Serbia



Terbentuk 25 juta tahun lalu, Danau Baikal merupakan danau tertua dan terdalam di dunia, dengan kedalaman lebih dari 5577 ft. Danau ini menyimpan 20% dari suplai air bersih yang bisa berasal dari es di permukaannya. Ekosistem yang terdapat di sini sering dijadikan acuan tempat ekosistem air bersih.

5. Komodo National Park – Indonesia



Merupakan tempat tinggal dari 5700 komodo dan 4000 manusia, merupakan kawasan yang cukup istimewa di Indonesia. Terletak di kawasan vulkanik dengan savanna dan tanaman hijau yang cukup berduri, Pulau Komodo menjadi satu-satunya habitat bagi spesies Varanus Komodoensis di dunia. Pulau Komodo sudah dijadikan sebagai prioritas dalam proyek konservasi global oleh World Wildlife Federation dan Conservation International.

5. Grand Canyon – U.S.A



Sudah bertahan cukup lama sebagai Seven Wonders of The World, Grand Canyon sudah menjadi objek geologi yang sangat diminati. Kira-kira Grand Canyon terbentuk 65 juta tahun lalu, dari dataran yang disebut Colorad Plateau, terangkat sekitar 1,5 mil di atas permukaan laut, dan Sungai Colorado mulai mengikis batuan pada Colorado Plateau sejak 5-6 juta tahun lalu. Sekarang Grand Canyon sudah sedalam 1500 mil danjarak terjauh antara dua tebing sekitar 18 mil. Ini merupakan salah satu bukti nyata sejarah geologi Bumi selama 2 milyar tahun.

6. Ilulissat Icefjord – Denmark



Berada di bagian barat Greenland dekat kota Ilulissat dan bagian utara Arctic Circle, tempat ini merupakan wilayah untuk meneliti perubahan iklim. Icefjord merupakan salah satu bongkahan es yang bergerak tercepat, dengan kecepatan 19 meter/hari.

7. Wulingyuan – China



Berada di provinsi Hunan, di sini terletak sekitar 3.000 pilar batu, dan juga flora fauna yang sudah mulai terancam punah. Luas dari Wulingyuan sekitar 64.200 acre.

8. Surtsey – Eslandia



Pulau kecil ini terbentuk karena beberapa letusan gunung berapi sekitar tahun 1963-1967. Di sini merupakan laboratorium alami di mana tidak ada interaksi manusia, habitat bagi 89 spesies burung dan 335 spesies invertebrata.

9. Lokasi Konservasi Amazon – Brazil



Terbentuk dari kawasan Jau, Mamirua, dan Amana. Di sini merupakan hutan tropis terbesar yang dilindungi, dengan ukuran lebih besar dari Swiss. Habitat bagi banyak spesies burung, dan juga ekosistem air tawar.

10. Great Barrier Reef – Australia



Salah satu keajaiban dunia, merupakan satu-satunya ekosistem yang bisa terlihat dari luar angkasa. Dengan panjang 3.000 km, Great Barrier Reef merupakan tempat koral terbanyak, lebih dari 400 tipe, selai itu juga habitat 1.500 ikan tropis, 4.000 mollusca, 200 burung, 20 reptil, juga fauna terancam punah seperti dugong dan large green turtle. Di sini juga tempat Humpback Whale melahirkan setelah bermigrasi dari Antartica

Sumber: kaskus.us

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar