Bagaimana Orang Tuna Netra Bisa Melihat?

Bookmark and Share

Kalian pasti pernah menemui atau melihat orang tuna netra yang dengan mudah berinteraksi dengan keadaan di sekitarnya seperti orang normal. Meskipun tidak bisa melihat dengan matanya, mereka bisa merasakan keadaan di sekitarnya melalui pendengaran.

Menurut sebuah penelitian, tuna netra bisa mengenali suara jauh lebih baik dibandingkan dengan orang normal. Kehilangan penglihatan ternyata membuat pendengaran pada tuna netra menjadi lebih sensitif. Jadi, meskipun mereka tidak bisa melihat, pendengarannya bisa digunakan untuk mengetahui keadaan di sekelilingnya.

Bahkan, menurut peneliti dari Universitas Montreal, Kanada, tuna netra bisa mengenali suara dari jarak jauh. Mereka melakukan penelitian pada 23 orang yang telah kehilangan penglihatannya selama 20 tahun. Dan dalam suatu percobaan, mereka bisa mengenali suara dengan baik dari jarak 3 meter.

Jadi, jangan heran kalau tuna netra juga bisa menyebrang jalan dengan mudah. Karena mereka bisa mengenali suara mesin mobil dari jarak jauh.

Para peneliti juga menemukan pada orang yang mengalami kebutaan sejak usia dini, bagian otak yang berhubungan dengan pendengarannya menjadi lebih aktif.

Memang butuh waktu lama bagi para tuna netra untuk mengasah
pendengarannya agar bisa mengenali keadaan di sekitarnya.

sumber : http://jekethek.blogspot.com/2009/04/bagaimana-orang-tuna-netra-bisa-melihat.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar