Sejarah Dari Minuman Cola-Cola

Bookmark and Share
Hampir setiap hari kita menemui Coca Cola. Saat ini hampir 1 milyar botol Coca Cola diminum setiap harinya. Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola. Frank M. Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia.


http://samueljscott.files.wordpress.com/2009/01/coke.jpg

http://www.cvcoffee.com/prod_images_blowup/Coke-20-oz-Bottles1.jpg

Dr. Pemberton menjual ciptaannya dengan harga 5 sen per gelas di apotiknya dan mempromosikan produknya dengan membagi ribuan kupon yang dapat ditukarkan untuk mencicipi satu minuman cuma-cuma. Pada tahun tersebut ia menghabiskan US$46 untuk biaya periklanan. Pada tahun 1892, Pemberton menjual hak cipta Coca-Cola ke Asa G. Chandler yang kemudian mendirikan perusahaan Coca-Cola pada 1892.

http://jaffejuice.typepad.com/photos/uncategorized/m5_coke.jpg

http://msnbcmedia.msn.com/j/msnbc/Sections/Newsweek/Components/Photos/Mag/061106_Issue/061028_Coke_vl.widec.jpg




Chandler piawai dalam menciptakan perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cinderamata berlogo Coca-Cola. Benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi penjualan penting yang berkesinambungan. Gaya periklanan yang inovatif, seperti desain warna-warni untuk bus, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian cinderamata seperti kipas, tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatan nama Coca-Cola dan mendorong penjualan.

http://www.thecoca-colacompany.com/presscenter/img/imagebrands/downloads/lg_cocacola_zero_can.jpg

http://www.zanesville.ohiou.edu/emedia/Advertising%20archive/images/coca%20cola%201939.jpg



Upaya mengiklankan merek Coca-Cola ini pada mulanya tidak mendorong penggunaan kata Coke, bahkan konsumen dianjurkan untuk membeli Coca-Cola dengan kata-kata berikut: “Mintalah Coca-Cola sesuai namanya secara lengkap; nama sebutan hanya akan mendorong penggantian produk dengan kata lain”. Tetapi konsumen tetap saja menghendaki Coke, dan akhirnya pada tahun 1941, perusahaan mengikuti selera popular pasar. Tahun itu juga, nama dagang Coke memperoleh pengakuan periklanan yang sama dengan Coca-Cola, dan pada tahun 1945, Coke resmi menjadi merek dagang terdaftar.
Dalam perkembangannya saat ini Coca Cola telah melahirkan brand- brand baru. Brand yang terakhir diperkenalkan adalah Coca Cola Zero

Sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2009/07/coca-cola-story.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar