cara merawat bunga krisan

Bookmark and Share

Dalam menanam bunga krisan dalam pot harus dirawat dengan baik agar bunga akan Nampak lebih indah. Jika dirawat dengan baik maka bunga akan jauh lebih indah dan akan tumbuh dengan baik. Berikut adalah cara merawat bunga krisan dalam pot
Semula menyiapkan pot yang berdiameter 15-20 cm. Tinggi pot juga bebas semisal 15-20 cm. Pada bagian dasar pot diberi lubang yang lebarnya 0,5-1 cm. Jumlah lubang ini cukup 4 buah saja dengan keguanaan sebagai pembuangan air siraman.

Setelah beres pot tersebut diberi media tanam yang berupa campuran antara tanah dan sekam padi dengan perbandingan 2:1. Bisa pula berupa campuran tanah dan sabut kelapa yang sudah dihancurkan dengan perbandingan 2:1.

Kalau media tanah sudah dimasukkan dalam pot, maka tinggal menanam bibit krisan. Mengupayakan bibit yang dipakai harus berasal dari pengembanagn vegetatif semisal dari anakan atau setek lantaran memiliki sifat unggul seperti induknya. satu pot bisa ditanami 5-7 bibit bunga krisan. Penanamannya harus harus agak melebar demi menhindari jarak yang terlalu mepet antara satu bibit dengan bibit yang lainnya.

Perawatan berikutnya adalah menyiram dan memupuknya. Penyiraman dilakukan setiap hari dengan mengupayakan media tanam selalu lembab dan basah. namun jangan becek lantaran justru dapat membusukkan akar.

Umur sebulan tanaman dapat dipupuk NPK 15-15-15 sebanyak 2 gram perpot. Pemupukan berikutnya dilakukan setiap lagi setiap 2 minggu sekali dengan dosis yang sama. Pupuk tersebut dapat disebar daintara bibit krisan yang ada. Bisa pula dilarutkan dulu dalam air dengan dosis 2 gram perliter air, lantas disiramkan pada tanaman bersangkutan.

Hanya dengan perawatan demikian, krisan tumbuh dengan suburnya hingga bisa berbunga menawan ketika umurnya mencapai 3-4 bulanan. Biarkan bunga bermunculan sampai mengering sendiri diatas pohonnya. Upayakan krisan tersebut tersentuh sinar matahari langsung demi menunjang pertumbuhan dan pembungaannya.

Mengingat krisan dalam pot punya nilai estitika yang tiada tara, maka keberadaannya bisa diletakkan diatas meja, teras rumah, sudut ruangan atau tempat-tempat lainnya. Pendek kata, krisan dalam pot ini bisa mempercantik ruangan. hanya saja meletakkannya harus terkena sinar matahari langsung.

Untuk merangsang pertumbuhan dan pembungaannya, tanaman krisan dapat disemprot pupuk daun setiap 1-14 hari sekali.
Pupuk daun bebas dipilih jenis dari jenis apa saja semisal Vitabloom.

nah silahkan mencoba, semoga berhasil

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar